Sunday, August 10, 2014

No.2 Liquids Smoke - Pohon Beraroma untuk Pengasapan DAGING

No.2  Liquids Smoke - Pohon Beraroma untuk Pengasapan DAGING

Berikut adalah sumber utama inspirasi saya menulis mengenai tulisan ini :

Sumber professor Mulyana Ahmad 

Nggak kebayang kalau Orang Indonesia pinter dan mau melirik peluang usaha ini komoditi ekspor yang bernilai tinggi, kenapa harus sawit kalau tanaman lain juga lebih menggiurkan potensinya?
Bagaimana menurut anda?

AROMA ASAP KAYU

Rasa asap dalam makanan olahan selain menambah citarasa juga memperbaiki penampilan dan meningkatkan keawetan dalam penyimpanan. Senyawa plyphenol dan tar yang bertanggung jawab dalam hal ini.

Smoked flavour luas digunakan dalam pengolahan daging, ikan dan ayam. Digunakan dengan cara dibakar langsung seperti berbeque/sate atau digunakan dalam pengolah modern menggunakan smoke chamber khusus. 

Smoke chamber atau smoke house menggunakan 3 metode cara pengasapan, yaitu dengan cara glowing, atomizing dan friksi dengan cara menggosok gelondongan kayu dengan kecepatan tinggi. Gesekan ini meningkatkan temperatur kayu mendekati titik asap 400°C menggunakan logam khusus.

Liquids Smoke berapa harga
Liquids Smoke berapa laba?

Tehnik berikutnya adalah memanaskan chips atau serutan kayu dan mempertahankannya pada titik asap kayu bersangkutan. Tehnik paling modern adalah menggunakan automizing ultrasonic. Smoked liquids harus dalam bentuk cair yang disemprotkan dan digetarkan oleh ultrasonic pump dengan kecepatan 22.000 getaran perdetik (22kHz). Cara terakhir telah dipatenkan oleh Red Arrow dan merupakan tehnik smoking yang paling baik.


Tehnik smoking mempengaruhi kecantikan penampilan akhir, sedangkan cita rasa dipengatuhi oleh jenis kayu yang digunakan. Di indonesia sembarang kayu digunakan untuk dibuat menjadi arang. Belakangan sudah banyak yag menggunakan tempurung kelapa untuk keperluan ini karena memiliki cita rasa yang lebih baik. 

tetelan kayu Hickory - Peluang usaha
tetelan kayu Hickory - Peluang usaha

Berikut adalah jenis kayu terbaik yg digunakan dalam industri pengasapan. Dari semua jenis wood chips yg ada, saya paling menyukai kayu jenis hickory karena berasa lembut, creamy dan milky. 







Kalau mau meneliti lebih jauh, indonesia adalah sumber plasma nutfah yag memiliki jenis kayu paling beragam di dunia. Monggo diteliti, sekali2 menjual tetelan kayu dengan harha selangit.


No comments:

Post a Comment