Thursday, September 3, 2015

Nampil NORAK

Blangkon | Argentina | Pajak 50%.
=============================
Tadi saat pulang dari kunjungan toko dan survey produk, singgah ke warung sate sebelah hotel. Tiba2 ada bule setengah tua, ya sekitar 40 tahunan usianya. Tiba2 datang dan minta izin satu meja dgn saya.

Kayaknya dia penasaran dan sangat tertarik ngobrol dgn kami ( saya berdua ). Mungkin melihat penutup kepala yg kupakai. Penasaran kali ya dia. Kok ada orang aneh kek gini.



Tak lama kemudian lalu dia order teh panas satu teko besar dan dituangkan ke gelas saya dan teman saya. dia ngajak ngobrol panjang lebar. Dia import dari China sdh 9 tahun. produk perkakas rumah tangga dan kain.

Dia nanya ke saya, "kamu ambil untung berapa persen kalau jual produk2mu?"
Dengan rendah hati saya jawab "antara 200-300%".
"Wowww besar sekali" kata dia.

"Lho kok bisa?" sahut ku. Padahal kecil itu menurutku.

Dijawab "iya, saya dapat 50% sdh senang sekali. Belum lagi biaya kapal ke Argentina, biaya agen pembelian di China dan biaya lain2nya". Setiap bulan ambil berapa Sir? Dia bilang antara 5-8 Kontainer 40 feet.
Usut punya usut, ternyata di Argentina itu pajak nya 50%, tinggi banget, mirip dgn Brasil. setiap beda produk beda pajak. Yg bisa di produksi dinegaranya sendiri, pajak nya mencapai 50%. Sedangkan jika di Argentina tidak bisa menghasilkan produk itu, katanya pajaknya agak lebih rendah dari diatas.

Saya tanya, "kamu sering kesini?" Dia jawab, "setahun dua kali". Ku tanya lagi berapa biaya tiket nya dari Buenos Aires ke Hangzhou? Dia bilang "USD 2500 atau sekitar Rp35.000.000". Dengan rute | Buenos Aires | Amsterdam | China. Jarak tempuh 38 Jam penerbangan. Woowww... belum lagi biaya agen nya disini yg urus produk dan pembeliannya. Mencapai 5% dari total belanja.

Jadi beruntunglah kita di Indonesia, pajak yg ringan, jarak tempuh yg dekat, tiket yg murah, budaya yg gak terlalu beda. Apalagi usia kita masih muda, insyaallah kalau panjang umur masih banyak kesempatan buat berusaha dan berniaga.

Jangan malu memakai identitas bangsa sendiri. Hikmah memakai Blangkon Jawa, Baju Batik Singapura, Tas Slempang Militer. Dandanan norak yg bikin orang penasaran, akhirnya dapat kenalan boss Argentina dan sdh janjian dikenalkan dgn agen nya yg sdh terpercaya 9 tahun yg dia pakai jasa nya.

Kunci ne pokok e PD. Sing penting iku isi dibalik blangkon.
Salam Export Import Blueprint dan Belajar Ekspor Impor

No comments:

Post a Comment